|
Artikel Kesehatan -
Kesehatan Umum
|
|
Sebuah studi di Eropa menyelidiki hubungan antara diet dan penyakit telah menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran memiliki risiko lebih rendah meninggal akibat penyakit jantung iskemik (IHD) - bentuk paling umum penyakit jantung dan salah satu penyebab utama kematian di Eropa. Namun, penulis menunjukkan bahwa asupan buah dan sayuran yang lebih tinggi terjadi di antara orang dengan lain kebiasaan makan yang sehat dan gaya hidup, dan bahwa faktor-faktor ini juga dapat dikaitkan dengan risiko kematian lebih rendah dari IHD. Studi ini dipublikasikan secara online pada European Heart Journal.
Dari hasil data Investigasi the European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC) Heart study telah menunjukkan bahwa orang yang makan sedikitnya delapan porsi buah dan sayuran sehari memiliki risiko 22% lebih rendah resiko kematian akibat IHD dibandingkan mereka yang mengkonsumsi kurang dari tiga porsi sehari. Satu porsi berat 80 gram, sama dengan pisang kecil, Apel ukuran sedang, atau wortel kecil.
Dr Francesca Crowe dari Unit Epidemiologi Kanker di Universitas Oxford, Inggris, dan penulis pertama dari the paper by the EPIC study collaborators, mengatakan: "Studi ini melibatkan lebih dari 300.000 orang di delapan negara Eropa yang berbeda, dengan 1.636 kematian akibat IHD. Ini menunjukkan penurunan risiko 4% kematian akibat IHD untuk setiap porsi tambahan buah dan sayuran yang dikonsumsi di atas asupan terendah dua bagian. Dengan kata lain, risiko dari IHD fatal bagi seseorang mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran sehari akan menjadi 4% lebih rendah dibandingkan dengan seseorang memakan empat porsi sehari, dan seterusnya hingga delapan porsi atau lebih. "
Penyakit jantung iskemik (IHD) ditandai dengan kurangnya pasokan darah ke jantung; orang yang menderita dapat berkembang menjadi angina, nyeri dada dan mengalami serangan jantung. (MNT)
|